backend

Belajar Typescript Bahasa Indonesia

Hallo temen-temen semuanya, gimana kabarnya nih? sudah siap ngoding lagi? hehe. Mantaps!

tutorial typescript bahasa indonesia - Raihan Muhammad

tutorial typescript bahasa indonesia – Raihan Muhammad

Di kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang bahasa pemrograman typescript ya man-teman. Dimana kita nanti akan belajar typescript bahasa indonesia bareng. Mulai dari pengenalan apa itu typescript sampai praktek ngoding menggunakan bahasa pemrograman typescript. Siip!

Langsung kita mulai aja pembahasanya terlebih dahulu.

Apa itu typescript?

Jadi temen-temen typescript itu adalah sebuah bahasa pemrograman yang di kembangkan dan di kelola oleh mirosoft. Bahasa pemrograman typescript ini sebenernya sama dengan javascript. Cuma ada sedikit static typeing yang tidak bisa di lakukan javascript, tapi bisa di lakukan oleh typescript.

Jadi saya bisa bilang typescript ini setingkat lebih tinggi dari javascript ya man-teman atau saya anggep typescript ini sebagai kakaknya javascript gitu aja kali ya haha.

Walaupun sebenernya ketika dalam production bahasa pemrograman typescript ini tidak akan langsung di kelola oleh mesin browser melainkan harus di kompile ke javascript terlebih dahulu agar bisa di proses oleh browser. Mantaps!

Sekarang apa saja yang harus kita persiapkan untuk bisa menggunakan typescript ini dalam pengembangan?

Hal-hal yang harus di siapkan

Sebenernya ga terlalu banyak yang harus di siapkan sih ya man-teman.

  1. Niat untuk belajar
  2. Text editor ( saya sarankan menggunakan visual studio code)
  3. runtime javascript atau typescript

Mungkin 3 hal tersebut aja sih yang harus kita siapkan temen-temen. Pertama niat untuk belajar ya man-teman, karena kalo kita engga mempunyai niat dalam belajar nantinya hanya akan malas-malasan ya man-teman.

Jadi temen-temen harus memiliki niat belajar yang kuat. Semangatt!

Kedua kita memerlukan text-editor pastinya, dan disini saya menyarankan temen-temen menggunakan text editor visual studio code ya man-temen atau biasa di singkat vscode. Siip!

Kenapa saya me-rekomendasikan temen-temen menggunakan visual studio code, itu karena vscode sudah sangat mendukung bahasa pemrograman typescript ini temen-temen. Jadi itu akan saya memudahkan kita pastinya.

Walaupun sebenernya kita pun bisa juga menggunakan text-editor yang lain. Tapi semua balik lagi ke temen-temen, mau menggunakan yang mana.

Nah yang terahkir kita memerlukan runtime javascript atau typescript ya man-temen. Untuk hal ini saya sangat sarankan menggunakan runtimenya deno ya man-temen.

Walaupun sebenernya kita bisa juga menggunakan runtimenya node js, tapi saya sangat sarankan menggunakan runtimenya deno ya man-temen. Karena kalo kita menggunakan runtime nya node js.

Konfigurasi yang harus kita lakukan itu lumayan banyak ya man-teman, jadi cukup merepot kan. Haha

Berbeda halnya ketika kita menggunakan runtimenya deno, kita hanya perlu meng-installnya di mesin laptop atau pc kita saja. Gampang kan? haha

Untuk langkah instalasi deno sendiri, cuma mudah ya man-teman. Kita hanya perlu mengetikan perintah berikut.

Mac Os atau Linux

curl -fsSL https://deno.land/x/install/install.sh | sh

PowerShell (Windows)

iwr https://deno.land/x/install/install.ps1 -useb | iex

Tentu ada cara yang lain juga, temen-temen bisa kunjugi websitenya deno di deno.land. Siip!

Akhir Kata

Untuk temen-temen yang penasaran gimana cara membuat restful api menggunakan express js dan mongodb, bisa kunjungi seri tutorial saya di sini.

Mungkin sekian terlebih dahulu ya man-teman, belajar typescript bahasa indonesia bagian pertama yaitu pembahasan dan persiapan sebelum kita mulai belajar bahasa pemrograman typescript. Semoga bermanfaat. Semangat!

What's your reaction?

Excited
0
Happy
1
In Love
6
Not Sure
0
Silly
0
Raihan Muhammad
Love teaching, coding and something new. Haha

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:backend

0 %